Kalahkan Irlandia 3-1, Kroasia Pimpin Grup C

Republic of Ireland - Croatia highlights

Mario Mandzukic (tengah) bersama rekan setimnya, Nikica Jelavic merayakan golnya pada laga penyisihan Grup C.

POZNAN — Kroasia berhasil memimpin klasemen sementara Grup C dengan mengemas tiga poin.  Hasil ini diraih setelah tim besutan Slaven Bilic itu berhasil mengalahkan Irlandia 3-1 dalam laga di Municipal Stadium Poznan, Kota Poznan, Polandia, Senin (11/6) dini hari WIB. Kroasia kini unggul dua angka di atas Italia dan Spanyol yang sebelumnya bermain imbang 1-1.

Dalam laga ini Kroasia sudah unggul lebih dulu di menit ke tiga. Umpan Darijo Srna mampu disundul dengan baik oleh Mario Mandzukic. Bola meluncur ke pojok jala Irlandia yang dikawal Shay Given. Skor 0-1 untuk kemenangan Kroasia.

Unggul satu angka membuat Luca Modric dan kawan-kawan tak menghentikan serangan. Mereka terus menerus menggempur pertahanan Irlandia.

Namun Irlandia terlihat mampu mengimbangi permainan cepat yang dilakukan Kroasia. Melalui serangan balik cepat anak asuh Giovanni Trapattoni ini berhasilkan menciptakan banyak peluang.

Puncaknya di menit ke 19, Irlandia mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Gol ini lahir dari sundulan Sean St Ledger memanfaatkan tendangan bebas Aiden McGeady dari sisi kiri pertahanan Kroasia.

Tak ingin kemenangan yang diraih hilang, Kroasia meningkatkan tempo serangan. Modric yang menjadi motor serangan terlihat lebih rajin menjemput bola dari barisan belakang.

Hasilnya terlihat di menit ke 43.  Nikica Jelavic mampu memanfaatkan kemulut di depan  gawang Irlandia sebelum mencatatkan namanya di papan skor. Gol ini sekaligus mengembalikan keunggulan Kroasia menjadi 2-1. Skor ini bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua Kroasia langsung mengambil inisiatif serangan. Hasilnya laga babak kedua baru berjalan tiga menit Mario Mandzukic mampu mencetak gol kedua dalam laga ini. Kroasia kini unggul 3-1 atas Irlandia. Kemenangan Kroasia ini sekaligus memupus rekor 14 pertandingan tak terkalahkan yang dimiliki anak asuh Trapattoni tersebut.

Meski Irlandia berupaya mengejar ketertinggalan di babak kedua namun tidak ada gol lagi yang tercipta hingga laga usai. Hasilnya kemenangan ini membuat Kroasia memimpin grup C dengan tiga poin disusul kemudian oleh Italia dan Spanyol dengan satu poin yang sebelumnya bermain imbang 1-1. Sementara Irlandia menghuni dasar klasemen.

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s