Kalahkan Republik Ceko 4-1, Rusia Kuasai Grup A

Post-match press conference: RUS - CZE

WROCLAW – Rusia meraih kemenangan 4-1 atas Republik Ceko pada laga fase Grup A Piala Eropa 2012, di Stadion Miejski, Jumat (8/6/2012). Hasil itu membuat Rusia menguasai klasemen, dengan tiga poin, atau unggul dua angka dari pesaing terdekat, Yunani.

Rusia membuka selisih melalui Alan Dzagoev pada menit ke-15. Memanfaatkan umpan silang Konstantin Zyryanov, Aleksandr Kerzhakov menyundul bola, yang kemudian membentur tiang kiri gawang Petr Cech. Bola muntah ditembakkan Dzagoev masuk ke gawang Ceko.

Pada menit ke-25, Rusia mendapat gol kedua dari Roman Shirokov. Ia lepas dari pengawasan bek Ceko sehingga menyambut umpan terobosan Andrei Arshavin dengan sebuah tembakan akurat, yang gagal dihalau Cech.

Ceko memangkas jarak lewat gol Vaclav Pilar pada menit ke-52. Setelah menguasai umpan Jaroslav Plasil, ia menggiring bola masuk kotak penalti, mengecoh kiper Vyacheslav Malafeev, dan menyepak bola masuk gawang.

Dzagoev memulihkan keunggulan dua gol Rusia pada menit ke-79. Dalam bayang-bayang dua pemain lawan, Dzagoev menembakkan bola kiriman Roman Pavlyuchenko masuk ke gawang Cech.

Tiga menit kemudian, Pavlyuchenko masuk daftar pencetak gol. Menguasai bola di kotak penalti, ia sempat menggocek bola mencari ruang sebelum melepaskan tembakan yang membuat bola melesat masuk ke gawang Cech.

Rusia mendominasi pertandingan sejak awal. Mereka konsisten berusaha melancarkan serangan dan menciptakan peluang, yang tak selalu diselesaikan dengan baik.

Pada menit ke-13, misalnya, Kerzahkov melepaskan tembakan yang meleset dari sasaran. Lima menit kemudian, dalam duel satu lawan satu dengan Cech, Dzagoev melepaskan tembakan yang melesat ke atas gawang.

Ceko mengambil inisiatif menyerang di awal babak kedua. Mereka mampu mempertahankan tekanan sampai terciptanya gol Vilar.

Rusia merespons dengan menurunkan tempo dan kembali bisa menguasai keadaan. Usaha ini membuahkan dua tembakan dari Kerzhakov pada menit ke-63 dan ke-69, yang semuanya meleset dari sasaran.

Pada menit ke-74, Kerzhakov digantikan Pavlyuchenko, yang segera saja meningkatkan daya gempur Rusia.

Setelah gol keempat, Rusia tak mengurangi tekanan. Namun, mereka tak kunjung mendapat gol kelima, hingga peluit berbunyi panjang.

Menurut catatan UEFA, selama pertandingan, Rusia menguasai bola sebanyak 49 persen dan menciptakan tujuh peluang emas dari 17 usaha. Adapun Ceko melepaskan sepuluh tembakan akurat dari 16 percobaan.

Susunan pemain
Rusia:
16-Vyacheslav Malafeev; 4-Sergei Ignashevich, 12-Alexei Berezutsky, 5-Yuri Zhirkov, 2-Alexander Anyukov; 7-Igor Denisov, 8-Konstantin Zyryanov, 6-Roman Shirokov; 10-Andrei Arshavin, 11-Alexander Kerzhakov (14-Roman Pavlyuchenko 74), 17-Alan Dzagoev (18-Alexander Kokorin 84)

Ceko: 1-Petr Cech; 6-Tomas Sivok, 5-Roman Hubnik, 3-Michel Kadlec, 2-Theodor Gebre Selassie; 19-Petr Jiracek (11-Milan Petrzela  76), 13-Jaroslav Plasil, 14-Vaclav Pilar, 9-Jan Rezek (17-Tomas Hubschman 46); 15-Milan Baros (21-David Lafata 85), 10-Tomas Rosicky

Wasit: Howard Webb

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s