Lin Dan Batal Main di Djarum Indonesia Open 2013

JAKARTA – Peraih dua medali emas Olimpiade, Lin Dan, dikabarkan batal bermain di turnamen Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2013. Mundurnya Lin Dan telah dikonfirmasi oleh Chinese Badminton Association melalui laman webnya.

Tak hanya mundur dari Djarum Indonesia Open 2013 yang akan dilaksanakan 10-16 Juni,  Lin Dan juga akan mundur dari turnamen LI-NING Singapore Open Super Series 2013 yang akan dimulai pada 18 Juni mendatang.

Chinese Badminton Association tidak menyebutkan alasan kepastian mundurnya mantan pebulu tangkis nomor satu dunia tersebut. Sebelumnya, Lin Dan telah terdaftar sebagai salah satu peserta turnamen Djarum Indonesia Open 2013.

Lin Dan seharusnya memulai turnamen ini dari babak kualifikasi melawan Kento Momota (Jepang), B Sai Praaneth (India), dan Scott Evans (Irlandia), karena peringkatnya yang menurun drastis setelah tidak berkompetisi selama delapan bulan lebih. Saat ini, suami mantan pebulu tangkis putri China, Xie Xingfang, tersebut berada di posisi 69 dunia.

Andai berhasil melewati babak kualifikasi, Lin Dan akan berhadapan dengan Taufik Hidayat di babak pertama. Pemenang laga ini berpotensi bertemu jagoan Malaysia, Lee Chong Wei. Dengan catatan, Lee Chong Wei berhasil mengalahkan pemain muda China, Wang Zhengming, di babak pertama.

Skenario ini seketika buyar dengan mundurnya Lin Dan dari turnamen. Atas tindakannya ini, Lin Dan harus membayar biaya pengunduran diri sebesar 5.000 dollar AS.

Laman Badminton World Federation (BWF) belum mengeluarkan draw baru Djarum Indonesia Open 2013 terkait mundurnya Lin Dan.

Belum ada konfirmasi mengenai keikutsertaan Lin Dan di World Championship, Agustus mendatang. Lin Dan dikabarkan telah mendapatkan wild card dari BWF untuk dapat bertanding dalam turnamen tersebut meski peringkatnya terus menurun.

SUMBER

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s